Bayar Pajak Kendaraan Sendiri

Sabtu kemarin (26 Agustus 2017) saya melakukan kewajiban bayar pajak atas kendaraan yang saya beli. Sebenarnya sebelum Sabtu kemarin saya sudah ke Samsat tepat pada masa berlaku STNK habis. Tapi ada drama kecil gegara e-KTP yang sampai sekarang belum ketauan kabarnya lagi. Husnudzan saja semoga segera rampung.

Kembalinya saya ke blog (Insya Allah istiqomah, yaela) akan membahas bagaimana cara membayar pajak sendiri tanpa “nyuruh” orang lain. Sebagaimana waktu itu saya pernah ngurusin daftar BPJS sendiri. Sekarang juga saya pengen tahu proses bayar pajak sendiri. 

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum berangkat ke SAMSAT

  1.  Sarapan. Antrean di sana itu cukup melelahkan. Sarapan biar kuat nunggu panggilan antre.
  2. Membawa surat-surat penunjang bayar pajak seperti : BPKB, STNK, KTP/SIM, semuanya difotokopi. Rangkap 1 juga cukup. 
  3. Bawa perlengkapan lain seperti staplers dan pulpen.

Setelah surat-surat lengkap barulah berangkat ke Samsat. Kemudian :

  1. Mengisi form yang disediakan di sana. Formulir gratis. Cukup diisi bagian nomor kendaraan, merk, type, tahun, warna dan Nama dan Alamat pemilik. Tanda tangan di pojok kanan bawah.
  2. Serahkan form dan perlengkapan di loket Progresif. Di loket ini akan dicek ulang perlengkapannya. Tunggu panggilan, setelah itu ambil lagi berkas-berkas menuju loket berikutnya. 
  3. Loket berikutnya loket Pengesahan. Masukan berkas. Setelah disahkan, kita akan mendapatkan slip dengan kode nomor kendaraan kita di pojok kanan atas. 
  4. Langkah keempat, kita antre di kasir. Slip dari loket pengesahan jangan sampai hilang karena nanti kita tunjukan di kasir. Setelah membayar slip akan dikembalikan lagi dengan stempel SAMSAT bertanda kita udah lunas bayar. Slipnya jangan sampai hilang (diulang). Karena nanti akan digunakan untuk mengambil STNK baru di loket penyerahan
  5. Terakhir menunggu di loket penyerahan. Setelah nama dipanggil kita serahkan slip tanda sudah bayar. Kemudian, taraaa kita dapat STNK baru. 
  6. Selesai. 

Tuh kan sebenarnya ga ribet bayar pajak kendaraan sendiri. Kamu udah bayar pajak belum? 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s