#DearD, Membaca di Taman

Dear, D.

Sekarang aku sudah mulai membaca halaman-halaman awal buku kedua dalam minggu ini. Buku yang kemarin kuceritakan sudah habis kulahap kurang lebih 3 hari. Sebenarnya belum bisa mengalahkan pengalaman membaca buku-buku Harry Potter di masa lampau yang juga bisa diselesaikan dalam 3 hari dengan halaman yang setebal-tebal begitu. Tetapi, karena waktu di tempat sewa buku per satu buku paling lama tiga hari mau tidak mau harus selesai tepat waktu atau menambah biaya untuk denda.

Iya, selama hidup di Jogja sebagai mahasiswa aku lebih sering menyewa buku daripada membelinya. Dengan harga sebuah buku Harry Potter jilid 1 aku bisa membaca lebih banyak buku. Hidup jauh dari orang tua dengan uang jatah yang sudah ditetapkan tanpa penghasilan tambahan sendiri harus bisa kreatif tanpa meninggalkan hobby sendiri. Sialnya di saat sudah punya penghasilan sendiri seperti sekarang timbul rasa ingin mengoleksi seri Harry Potter dan sudah sulit mendapatkannya. Khususnya seri 1 dan 2. Kalau kebetulan kamu jalan-jalan di toko buku dan melihatnya aku titip yang versi hard cover ya?

Cara membaca biasanya tergantung pada suasana tempat membaca. Kalau di kamar aku bisa memilih dalam suasana hening atau diiringi musik tergantung jenis buku yang sedang dibaca. Kalau di tempat ramai, cafe misalnya atau restoran di mall lebih sering memilih diiringi musik melalui earphone agar tidak terlalu terdistraksi dengan lingkungan sekitar.

Keinginan yang belum terlaksana di Jakarta adalah cara membaca ketika di rumah. Duduk di kursi goyang menghadap taman halaman depan rumah. Ditiup angin sepoi-sepoi yang sebelumnya membelai dedaunan pohon-pohon. Ketika mata mulai lelah dan mendongakkan kepala melihat sekitarnya kupu-kupu beterbangan dan beberapa hinggap menghisap nektar bunga.

Kamu tahu taman yang nyaman untuk membaca buku di Jakarta? Bagaimana kalau kapan-kapan kita ke sana membaca buku di atas rumput hijau dengan dialasi tikar? Oya, tidak lupa membawa makanan kecil sebagai penyelamat ketika lapar melanda. 🙂

Sincerely,

L

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s